Selasa, 26 November 2013

7 Pertimbangan Sebelum Memilih Bisnis Waralaba



1. Amati Lokasi
Dimana anda akan buka bisnis yang anda beli waralabanya tersebut? Lakukan riset pasar untuk mengetahui apakah waralaba yang hendak anda beli memang bagus untuk market sasaran anda.
2. Sistem bisnis waralaba
Bagaimana sistemnya? Anda perlu tanyakan ini pada pemilik waralaba. Sehingga anda tahu betul bagaimana sistem bisnis waralaba itu akan berjalan.
3. Bagaimana SOP Bisnis Waralaba
Adakah SOP-nya? SOP (standar operating procedure) harus dimiliki oleh sebuah bisnis waralaba. Agar standar bisnis yang diberikan menjadi jelas. Dengan SOP tersebut diharapkan mutu layanan bisa terjaga.
4. Tanyakan Pembeli Waralaba lainnya
Ada baiknya sebelum anda memutuskan membeli sebuah waralaba, anda bertanya kepada pembeli waralaba laba lainnya yang telah sukses. Sehingga anda bisa tahu apa tantangan yang mungkin nanti anda hadapi.
5. Cari Tahu Support Bisnis
Bagaimana dukungan bisnis yang diberikan oleh pemilik waralaba? Anda harus cari tahu ini. Sebab dukungan bisnis yang baik sangat dibutuhkan oleh anda. Anda bisa cari tahu apa saja program dukungan yang dibutuhkan ?
Bagaimana strategi pemasaran saat awal launching? Dukungan apa saja yang diberikan pemilik waralaba saat launching? Bagaimana dukungan bisnis selanjutnya? Bagaimana pelatihan mengelola bisnis? Bagaimana sistem rekrutmen SDM?
6. Sesuaikan dengan Dana
Pilih bisnis waralaba yang sesuai dengan dana yang anda hendak investasikan. Ada banyak pilihan budget waralaba, dari yang kisaran jutaan, puluhan juta, ratusan juta sampai milyaran.
7. Bandingkan antar Waralaba
Jika ada bisnis waralaba sejenis, anda bisa bandingkan sebelum memutuskan memilih waralaba yang tepat. Anda bisa bandingkan kelebihan masing-masing waralaba serta penawaran apa saja yang dijanjikan pada anda.
Jika sudah mendapatkan waralaba yang sesuai, segera ACTION agar bisnis anda bisa segera berjalan. Selain waralaba offline, anda juga bisa ikuti bisnis waralaba atau bisnis franchise lewat internet, salam ACTION!

sumber : http://www.jokosusilo.com/2012/02/01/7-pertimbangan-sebelum-memilih-bisnis-waralaba/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar