Kamis, 24 Februari 2011

TUGAS PENGANTAR MANAJEMEN 2

Analisis SWOT pada Usaha Minuman Bertenaga Untuk Para Pria

Minuman Bertenaga Untuk Para Pria Instan yaitu minuman instant yang dibuat dari ekstraksi jahe dan diolah dengan gula tebu dengan tambahan rempah-rempah. Minuman ini di buat tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga sangat baik untuk kesehatan, terlebih pada saat ini penggunaan bahan-bahan pengawet danbahan kimia lainnya sedang marak dibicarakan di berbagai media massa.
Produsen untuk minuman instant Bertenaga Untuk Para Pria ini masih sedikit, dan sebagian besar masih merupakan usaha industri rumah tangga. Terdapat beberapa produsen besar yang memproduksi minuman instant Bertenaga Untuk Para Pria, namun menurut pendapat sebagian masyarakat kualitas dan rasa yang di berikan tidak sempurna seperti minuman Bertenaga Untuk Para Pria lainnya.

Contoh poin-poin berikut yang mungkin muncul dalam lembaran kerja:


Potensi Kekuatan 
Pemilik memiliki pengalaman yang cukup baik dalam mengolah bahan-bahan komposisi seperti jahe dan rempah-rempah serta pengetahuan akan jenis-jenis dan manfaat tanaman rempah-rempah seperti jahe dan jenisnya terbilang baik, karena kami sudah mengenal tanaman ini telah lama dan bahkan memiliki kebun tersendiri.adanya hubungan baik dengan relasi di beberapa lembaga pemerintahan dan dinas terkait, serta hubungan keluarga kami dan masyarakat sekitar terbilang baik. Hasil produksi minuman jahe mampu bertahan dengan baik hingga 1 tahun dalam kondisi tertutup. Produk yang dibuat merupakan produk tanpa bahan pengawet atau bahan kimia berbahaya lainnya.


Potensi Kelemahan
Pemilik belum memiliki peralatan produksi yang memadai dan harga peralatan-peralatan untuk produksi produk ini terbilang cukup tinggi ditambah lagi belum adanya tempat pemasaran yang luas. Sementara pemasaran hanya pada lingkup kabupaten dan dipasarkan oleh keluarga.Pengetahuan akan manajemen pemasaran dan perusahaan belum baik. Produksi masih tergantung pada keadaan cuacadan masih terhitung memakan waktu lama.

Potensi Kesempatan
Bahan komposisi yang berupa jahe dan rempah-rempah mudah didapat dan dengan harga yang tidak mahal.Tidak banyak orang yang mampu mengolah jahe dan tanaman rempah untuk menjadi produk yang lebih bernilai ekonomi tinggi. Adanya dukungan dari masyarakat sekitar untuk mendirikan sebuah usaha yang dapat membantu mereka dalam sektor ekonomi. Pemerintah menerapkan kebijakan untuk memberikan bantuan kepada usaha kecil dan menengah melaui program UMKM Mandiri, KUR,UPPKS dan SPP. Saat ini sedang marak mengenai penggunaan makanan tanpa pengawet dan bahan kimia lain, serta sedang menjadi trend penggunaan bahan organik.

Potensi Ancaman
Untuk dapat memasarkan produksi pada pasar yang luas di perlukan izin dari dinas perindustrian, izin dari Dinas Kesehatan, Badan POM, dan Sertifikasi halal dari MUI. Bagaimana mendapatkan alat produksi terutama pengering bahan baku sehingga produksi barang tidak terhambat oleh faktor cuaca. Perlunya prospek bahan baku untuk masa yang akan datang karena produksi bahan baku hanya mencukupi untuk produksi skala menengah. Mulai tumbuhnya beberapa usaha serupa di beberapa daerah. Izin pendirian usaha terbilang sulit dan dan melalui birokrasi yang rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar