Ranggi Alan Putra
19210674
2 EA 17
Strategi Pemasaran Rumah Makan contoh Restaurant Solaria
Ingin tahu bagaimana strategi pemasaran Solaria? Bagi Anda para pecinta kuliner tentu saja sudah tidak asing lagi dengan gerai tempat makanan elit namun menawarkan standar harga terjangkau yang satu ini, restoran Solaria.
Dulunya, restoran ini hanya merupakan kedai makanan sederhana yang hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan makan para karyawannya, namun berkat kerja keras sang pemilik usaha tersebut, 13 tahun kemudian Solaria telah memiliki 130 gerai yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Kini, hampir disetiap pusat perbelanjaan di Indonesia terdapat gerai restoran Solaria dengan tawaran harga yang cukup terjangkau untuk semua kalangan.
Meskipun sajian bentuk gerai yang didesain dengan berbagai gaya minimalis yang elegan, namun tawaran harga yang diberikan oleh restoran Solaria mampu dinikmati meskipun oleh kalangan mahasiswa.
Mengapa strategi pemasaran Solaria terkesan unik? Sekilas jika Anda menyimak lebih seksama tentang restoran yang satu ini, tak ada menu spesial unggulan yang menjadi kekhasan sebuah perusahaan makanan pada umumnya. Solaria menyajikan menu-menu serupa yang biasa kita temukan pada restoran lainnya. Kuncinya justru terletak dari upaya penekanan konsep marketing yang dibangun oleh sebuah perusahaan.
Konon kabarnya, pemilik Solaria yang tak mau jati dirinya diekspos bukan lah seorang pakar marketing yang memahami aspek-aspek dari pemasaran seperti segmentasi, targeting atau positioning, yang dilakukan hanyalah semangat enterpreneur yang tinggi untuk mengembangkan sebuah bisnis usaha makanan.
Apa sebenarnya rahasia kesuksesan dan strategi pemasaran Solaria yang sudah cukup terkenal tersebut? berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pelajari untuk mengikuti jejak kesuksesan Solaria:
1. Bermain pada strategi pemasaran yang kreatif
Solaria jika kita perhatikan memang tidak memiliki menu khas sebagaimana layaknya gerai-gerai makanan yang terkenal, namun bisa dipastikan pelanggan Solaria yang telah terbiasa mengunjungi gerai tersebut akan merasa ketagihan dan akan kembali lagi untuk makan di gerai tersebut.
Tak hanya bermain pada sajian rasa, Solaria telah mampu membidik ruang market yang cukup bagus.
Ibarat hotel berbintang namun tetap dengan harga yang merakyat. Sajian harga yang disajikan oleh Solaria cukup mampu dijangkau oleh banyak kalangan. Inilah stratergi pemasaran Solaria yang unik.
Di samping itu Solaria juga mampu menempatkan gerai-gerai pada tempat-tempat strategis seperti mall, pusat perbelanjaan, perkantoran dan sebagainya yang memang memiliki market penjualan yang cukup bagus.
Solaria tidak memilih posisi sebagai restoran mahal yang elit dan sulit dijangkau oleh masyarakat kalangan bawah. Dengan cara marketing tersebut, penjualan Solarian menjadi lebih cepat berputar. Solaria pun menjadi booming di setiap kalangan, tak hanya mereka yang banyak uang saja.
2. Solaria merupakan bisnis yang tidak mau diwaralabakan atau franchise
Selain pada strategi pemasaran Solaria yang coba mengambil langkah yang berbeda, pemilik Solaria menolak banyak pihak yang ingin meminta franchise bisnis Solaria padanya, dengan alasan bahwa nantinya akan sulit mengontrol mutu perusahaan franchise tersebut.
Solaria dimiliki oleh satu orang pebisnis saja yang terkenal cukup ulet dan gigih dalam menjalankan sebuah usaha bisnis, meskipun bukan seorang yang ahli secara akademis dalam bidang bisnis, pemasaran dan sebagainya. Modal semangat dan kegigihan tersebut yang mengantarkan Solaria sebagai salah satu gerai makanan yang cukup menjadi favorit banyak kalangan di seluruh tanah air.
Bermain pada strategi pemasaran yang baik serta pengelolaan yang cukup bersemangat dan pantang mundur menjadi modal yang cukup untuk keberhasilan sebuah restoran bernama Solaria yang saat ini sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Pentingnya pemasaran yang baik telah dibuktikan oleh Solaria untuk mampu meraih sebuah kesuksesan bisnis, Anda pun bisa mencoba strategi pemasaran Solaria di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar